Rabu, 27 Juli 2022

220727_BelajarOOP


Cara membuat oop dengaan Player


1.buat clas 'player'dengan aplikasi netsbains

package dasar;

public class Player {
     
    // definisi atribut
    String name;
    int speed;
    int healthPoin;

    // definisi method run
    void run(){
        System.out.println(name +" is running...");
        System.out.println("Speed: "+ speed);
    }

    // definisi method isDead untuk mengecek nilai kesehatan (healthPoin)
    boolean isDead(){
        if(healthPoin <= 0) return true;
        return false;
    }
    
}

2.Berikutnya, buat class baru lagi bernama Game.java dan isi kodenya seperti ini:


package dasar;


public class game {
    public static void main(String[] args){

        // membuat objek player
        Player HIRO = new Player();

        // mengisi atribut player
        HIRO.name = "BATMAN";
        HIRO.speed = 78;
       HIRO.healthPoin = 0;
       HIRO.isDead();//->false

        // menjalankan method
        HIRO.run();

        if(HIRO.isDead()){
            System.out.println("Game Over!");
        }

    }
}
    

Coba eksekusi Game.java dengan klik kanan pada Game.java lalu pilih Run File. Maka hasilnya:



Coba ganti nilai healthPoin menjadi 0.

Setelah itu, coba eksekusi lagi:



Contoh Program OOP 2: Program Drone


ntuk praktek berikutnya, coba buat class Drone.

class Drone {
    // atribut
    int energi;
    int ketinggian;
    int kecepatan;
    String merek;

    // method
    void terbang(){
        energi--;
        if(energi > 10){
            // terbang berarti nilai ketinggian bertambah
            ketinggian++;
            System.out.println("Dorne terbang...");
        } else {
            System.out.println("Energi lemah: Drone nggak bisa terbang");
        }
    }

    void matikanMesin(){
        if(ketinggian > 0){
            System.out.println("Mesin tidak bisa dimatikan karena sedang terbang");
        } else {
            System.out.println("Mesin dimatikan...");
        }
    }

    void turun(){
        // ketinggian berkurang, karena turun
        ketinggian--;
        energi--;
        System.out.println("Drone turun");
    }

    void belok(){
        energi--;
        System.out.println("Drone belok");
        // belok ke mana? perlu dicek :)
    }

    void maju(){
        energi--;
        System.out.println("Drone maju ke depan");
        kecepatan++;
    }

    void mundur(){
        energi--;
        System.out.println("Drone mundur");
        kecepatan++;
    }
}
Maka class-nya bisa dibuat seperti ini:

class Senjata {
    // atribut
    String nama;
    int jumlahPeluru;
    
    // method
    void tembak(){
        //..
        // setelah nembak, kurangi peluru
        jumlahPeluru--;
    }

    void reload(){
        //..
        // kalau di-reload maka jumlah peluru diisi ulang
        jumlahPeluru = 300;
    }
}










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

230111 LANGKAH 2 MEMBUAT PEMDAFTARAN

  Pertama yang wajib harus dilakukan adalah mempunyai aplikasi Netbeans IDE 8.2 ATAU 8.1. Disini saya menggunakan Netbeans IDE 8.2. Buka Net...