Cara membuat oop dengaan Player
1.buat clas 'player'dengan aplikasi netsbains
package dasar;
public class Player {
// definisi atribut
String name;
int speed;
int healthPoin;
// definisi method run
void run(){
System.out.println(name +" is running...");
System.out.println("Speed: "+ speed);
}
// definisi method isDead untuk mengecek nilai kesehatan (healthPoin)
boolean isDead(){
if(healthPoin <= 0) return true;
return false;
}
}
2.Berikutnya, buat class baru lagi bernama
Game.java
dan isi kodenya seperti ini:package dasar;
public class game {
public static void main(String[] args){
// membuat objek player
Player HIRO = new Player();
// mengisi atribut player
HIRO.name = "BATMAN";
HIRO.speed = 78;
HIRO.healthPoin = 0;
HIRO.isDead();//->false
// menjalankan method
HIRO.run();
if(HIRO.isDead()){
System.out.println("Game Over!");
}
}
}
Coba eksekusi
Game.java
dengan klik kanan pada Game.java
lalu pilih Run File. Maka hasilnya:Setelah itu, coba eksekusi lagi:
Contoh Program OOP 2: Program Drone
ntuk praktek berikutnya, coba buat class Drone
.
class Drone {
// atribut
int energi;
int ketinggian;
int kecepatan;
String merek;
// method
void terbang(){
energi--;
if(energi > 10){
// terbang berarti nilai ketinggian bertambah
ketinggian++;
System.out.println("Dorne terbang...");
} else {
System.out.println("Energi lemah: Drone nggak bisa terbang");
}
}
void matikanMesin(){
if(ketinggian > 0){
System.out.println("Mesin tidak bisa dimatikan karena sedang terbang");
} else {
System.out.println("Mesin dimatikan...");
}
}
void turun(){
// ketinggian berkurang, karena turun
ketinggian--;
energi--;
System.out.println("Drone turun");
}
void belok(){
energi--;
System.out.println("Drone belok");
// belok ke mana? perlu dicek :)
}
void maju(){
energi--;
System.out.println("Drone maju ke depan");
kecepatan++;
}
void mundur(){
energi--;
System.out.println("Drone mundur");
kecepatan++;
}
}
Maka class-nya bisa dibuat seperti ini:
class Senjata {
// atribut
String nama;
int jumlahPeluru;
// method
void tembak(){
//..
// setelah nembak, kurangi peluru
jumlahPeluru--;
}
void reload(){
//..
// kalau di-reload maka jumlah peluru diisi ulang
jumlahPeluru = 300;
}
}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar